Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan di Pelajaran Biologi. Untuk tumbuhan ataupun tanaman itu mengalami sebuah proses pertumbuhan yang cukup berbeda-beda. Jadi, untuk kali ini disini  akan menjelaskan tentang sebuah proses pertumbuhan dan perkembangan pada sebuah tumbuhan atau tanaman.

Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Meski berbeda, akan tetapi untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman ini ada dua proses yang akan berjalan bersamaan serta saling terkait.

Pertumbuhan

Pertumbuhan merupakan sebuah proses pertambahan akan ukuran berupa volume, massa dan jumlah sel ataupun protoplasma yang terjadi pada suatu organisme.

Proses dari adanya pertumbuhan tersebut bersifat irreversible yaitu tidak akan bisa kembali ke asal. Pertumbuhan pada tanaman itu bisa diukur dengan secara kuantitatif karena cukup mudah diamati. Pertumbuhan mudah diamati dengan terjadinya sebuah perubahan jumlah dan juga ukuran.

Perkembangan

Pada pelajaran biologi untuk perkembangan itu merupakan suatu proses tumbuhan untuk bisa mencapai kematangan fungsi ataupun dengan kata lain sebuah proses menuju ke tahap dewasa.

Dalam proses tersebut terjadi penyempurnaan ataupun perubahan struktur dan juga fungsi organ yang akan menyertai sebuah proses pertumbuhan. Berbeda halnya dengan pertumbuhan, maka perkembangan ini cuma bisa akan dinyatakan secara kualitatif.

Hal ini terjadi karena adanya perubahan fungsional dalam suatu tubuh organisme sehingga tidak bisa untuk diamati. Contohnya yaitu berkembangnya akan fungsi alat kelamin pada suatu tumbuhan.

Macam-Macam Pertumbuhan pada Tanaman

Untuk pertumbuhan yang terjadi di tanaman itu dibedakan langsung menjadi 2  adalah dengan cara pertumbuhan primer serta juga pertumbuhan sekunder.

Pertumbuhan Primer

Untuk petumbuhan primer tersebut merupakan suatu pertumbuhan yang akan terjadi akibat adanya aktivitas dari jaringan meristem primer.  Meristem itu terletak pada bagian ujung batang dan juga ujung akar. Dampak dari adanya pertumbuhan primer akar dan juga batang tumbuhan akan tambah panjang. primer itu memungkinkan suatu akar untuk menembus tanah dan untuk ujung batang akan mencapai matahari.

Pertumbuhan Sekunder

Untuk pertumbuhan sekunder ini terjadi oleh sebuah aktivitas jaringan di meristem sekunder. Berbagai sel jaringan kambium itu akan senantiasa membelah. Pembelahan tersebut ke arah menuju untuk membentuk xilem. Sedangkan untuk pembelahan menuju ke luar akan membentuk floem. Damoaknya aktivitas dari jaringan meristem di kambium ini, maka diameter batang serta juga akar akan bertambah besar.

Baca juga: Anabolisme Pelajaran Kimia dan Seluk Beluknya

Faktor yang Bisa Memengaruhi Akan Pertumbuhan pada Tanaman

Pada pelajaran biologi untuk faktor yang akan memengaruhi pertumbuhan serta juga perkembangan tanaman itu ada dua, yaitu secara faktor internal dan juga faktor eksternal.

1. Faktor Internal

  • Gen

Untuk gen ini memerupakan sebuah pembawa sifat yang akan diturunkan langsung dari induk ke generasi yang selanjutnya. Gen ini sangat memengaruhi akan ciri dan juga sifat makhluk hidup, seperti halnya bentuk tubuh, dan warna bunga, serta juga rasa buah. Gen ini juga sangat menentukan akan kemampuan metabolisme jadi dianggap sangat memengaruhi akan pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

  • Hormon

Hormon itu merupakan sebuah zat yang sangat berperan untuk mengendalikan berbagai macam fungsi yang ada di dalam tubuh. Hormon yang sangat memengaruhi akan pertumbuhan serta juga perkembangan pada tanaman itu ada berbagai ragam jenisnya.

2. Faktor Eksternal

  • Nutrisi

Untuk nutrisi ini merupakan sebuah bahan baku dan juga sumber energi dalam suatu proses metabolisme yang terjadi di tubuh. Kualitas dan juga kuantitas nutrisi itu dianggap sangat memengaruhi akan pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

  • Cahaya Matahari

Tanaman itu pasti sangat membutuhkan akan cahaya matahari untuk bisa melakukan fotosintesis. Namun untuk keberadaan cahaya ini juga bisa akan menghambat pertumbuhan karena dianggap bisa merusak akan hormon auksin yang terdapat di ujung batang.

  • Air dan Kelembaban

Untuk kelembaban ini juga dianggap sangat memengaruhi akan keberadaan air yang nanti bisa diserap oleh tanaman dan juga mengurangi penguapan. Kondisi tersebut dianggap sangat mempengaruhi akan pemanjangan sel. Kelembaban ini juga sangat penting untuk bisa mempertahankan stabilitas dari bentuk sel.

  • Suhu

Untuk semua proses yang terjadi dalam pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman seperti halnya penyerapan air, dan fotosintesis. Ada juga proses penguapan, dan juga pernapasan di tanaman itu sangat dipengaruhi oleh suhu.

  • Tanah

Tanaman itu akan tumbuh dan juga berkembang dengan sangat baik kalau kondisi dari tanah untuk tempat hidupnya itu sesuai dengan kondisi kebutuhan nutrisi dan juga unsur hara.

Inilah beberapa hal di pelajaran biologi yang dianggap sangat memengaruhi akan pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Baca juga: Hukum Newton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *